Senin, 06 Juni 2016

Mempersiapkan Hamil Yang Sehat Itu Prosesnya Panjang Bunda

Mempersiapkan fisik agar siap untuk menerima kehamilan bagi beberapa wanita kadang membutuhkan waktu dan proses yang tidak sederhana, tapi tentu saja tidak ada kata "terlalu cepat" bagi bunda untuk mempersiapkan kehamilan. 

Tips berikut ini mungkin berguna bagi bunda atau calon bunda yang sedang mempersiapkan kehamilan

  1.  Kalau bunda sudah pernah mengkonsumsi pil atau obat obatan untuk mencegah kehamilan sebelumnya atau menggunakan alat kontrasepsi, maka segeralah berhenti. Waktu yang dibutuhkan untuk memulai pembuahan paling tidak 1 bulan setelah bunda berhenti menggunakan alat kontrasepsi, sedangkan untuk obat obatan pencegah kehamilan seperti KB suntik paling tidak membutuhkan waktu 12 bulan.
  2. Cobalah bunda dan suami melakukan konsultasi untuk merencanakan kehamilan seperti yang diharapkan, ceritakan kepada dokter tentang riwayat penyakit yang pernah bunda alami dan juga bagaimana pola hidup yang dijalani selama ini. 
  3. Dengan mengkonsumsi asam folat juga dapat membantu dalam merencanakan kehamilan, paling tidak 1 bulan sebelumnya. 
  4. Pastikanlah bahwa bunda dan suami sudah pernah diberikan vaksin TORCH. 
  5. Beralihlah ke gaya hidup yang sehat. Jauhilah alkohol, rokok dan obat obatan terlarang. Lakukanlah olah raga ringan secara rutin selama 30 menit, paling tidak 2- 3 kali dalam seminggu. 
  6. Jika selama ini bunda sering mengkonsumsi kopi, teh, minuman bersoda dan minuman berenergi; kurangilah mulai sekarang, untuk menghindari kafein yang terkandung di dalamnya.
  7. Bunda dan suami tidak dalam keadaan terinfeksi penyakit kelamin. Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika bunda mendapati hal hal mencurigakan yang berhubungan dengan penyakit kelamin dan kehamilan.
  8. Penting untuk mengetahui riwayat kesehatan keluarga bunda dan keluarga suami. Karena hal ini sangat penting untuk mendeteksi sejak dini penyakit penyakit genetik yang nantinya akan dibawa oleh bunda dan bayinya.
  9. Lakukanlah tanya jawab dengan para ahli dan berbagi informasi dengan teman teman yang sudah berpengalaman dengan kehamilan maupun kepada orang tua guna memperoleh informasi yang benar dan tepat dalam rangka merencanakan kehamilan yang sehat.

Selain hal hal di atas, peran suami tentunya juga sangat penting untuk merencanakan kehamilan yang sehat. Pastikan suami juga menghindari hal negatif berikut ini untuk menjaga kualitas sperma :
  • Mengkonsumsi alkohol
  • Merokok atau menghisap tembakau
  • Mengkonsumsi steroid
  • Mengkonsumsi narkoba
  • Mengkonsumsi atau menyalahgunakan obat obatan keras yang harus dibeli dengan resep dokter.
  • Sauna atau berendam dengan air panas yang bersuhu diatas 102 derajat Fahrenheit.

Bicarakanlah dengan suami agar mencapai kesepakatan untuk bersama memulai gaya hidup yang sehat dalam rangka merencanakan kehamilan.


, , ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar